Apasih Pemrogaman Itu ??



Halo Teman" 😁 , Gimana kabarnya ? semoga sehat" aja ya ..
Pasti di antara kalian ada yang bertanya-tanya apa sih pemrogaman itu. Hal itu wajar saja sih, karena kata 'pemrogaman' sendiri jarang sekali terdengar khususnya di kalangan masyarakat pedesaan. Bahkan di daerah perkotaan saja mungkin masih banyak yang belum tau. Padahal pengaplikasian dari pemrogaman tersebut selalu kita gunakan dimanapun kapanpun itu.
Oke langsung saja kita masuk ke pembahasannya ...

#  Apa Itu Pemrogaman ??

Pemrogaman adalah suatu proses menulis kode menggunakan sebuah teks editor untuk menghasilkan suatu program setelah melalui pengujian, perbaikan (debug), dan pengecekan secara berkala.
Orang yang melakukan pemrogaman disebut programmer. Untuk menjadi seorang programmer dibutuhkan ketrampilan dalam hal logika dan algoritma. Selain itu programmer juga dituntut untuk menguasai bahasa pemrogaman dan ilmu pengetahuan lain seperti halnya matematika.

Alasan mengapa banyak orang tidak tahu mengenai pemrogaman seperti yang saya singgung di atas , karena kebanyakan orang saat ini hanya tau cara menggunakan entah itu web ataupun aplikasi. Mereka tidak penasaran bagaimana suatu web atau aplikasi itu dapat diciptakan dan mereka gunakan.

# Tujuan Pemrogaman


Tujuan dari pemrogaman adalah membantu atau meringankan pekerjaan manusia dengan menggunakan sebuah program. Program itu sendiri menjalankan suatu perhitungan sesuai keinginan dari pembuat program tersebut.

# Jenis Jenis Pemrogaman


   1. Pemrogaman Web





          Pemrogaman web adalah jenis pemrogaman yang banyak sekali diminati. Hal tersebut dapat terjadi karena saat ini semuanya terhubung dengan internet. Banyak sekali orang yang sangat bergantung dengan yang namanya google, karena berbagai informasi bisa didapatkan disana. Selain itu pemrogaman web juga semakin dimudahkan dengan hadirnya berbagai framework dan template.
Bahasa pemrogaman web juga lebih mudah daripada bahasa pada pemrogaman dekstop.

Contoh bahasa pada pemrogaman web :
- HTML
- PHP
- Javascript
- Dll

   2. Pemrogaman Dekstop




          Berbagai aplikasi yang kalian gunakan baik itu di PC ataupun android termasuk pada jenis pemrogaman ini. Bahasa yang digunakan pada pemrogaman dekstop pun juga lebih sulit bila dibanding dengan bahasa pada pemrogaman web. Aplikasi teks editornya tergolong berat untuk dijalankan di PC berspesifikasi rendah karena di dalam teks editor nya terdapat menu desain agar aplikasi yang kita buat bisa berbasis GUI serta adanya compiler untuk menjalankan kode pemrogamannya.

Contoh bahasa pada pemrogaman dekstop :
- C++
- Visual Basic
- Phyton
- Delphi
- Dll

Jika membahas tentang pemrogaman memang tidak ada habisnya. Tapi saya kira cukup sampai disini dulu. Untuk pembahasan lainnya akan saya teruskan pada postingan selanjutnya. 

Ada sebuah slogan "Siapa yang menguasai informasi maka dia akan menguasai dunia".
Untuk itu marilah kita sama sama belajar pemrogaman karena teknologi informatika akan semakin maju ke depannya. Pasti prospek ke depannya juga akan ikut cerah jika kita bisa melakukan pemrogaman. 

Cukup sekian postingan saya. Bila ada kesalahan saya mohon maaf. Bye bye 😁

Bagikan

Jangan lewatkan

Apasih Pemrogaman Itu ??
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.